MAKNA SYAIR “NYAWA-KU DIBERIKAN BAGIMU NKI 49†YANG IDE SYAIRNYA TERINSPIRASI DARI TULISAN DI BAWAH LUKISAN YESUS BERMAHKOTA DURI KARYA FRANCES RIDLEY HAVERGAL

Stepanus Lajan

Abstract


Nyanyian Nyawa-Ku Di Berikan Bagimu merupakan lagu yang sangat memberkati namun memberi suatu perbincangan yang belum terjawab tuntas dikalangan hamba Tuhan, tentang syair lagu yang memiliki pengajaran yang kurang tepat jika disalah diartikan makna yang terkandung dalam syair. Frasa yang menjadi pertanyaan adalah “nyawa-Ku diberikan bagimu apa kau b’ri pada-Ku� Adapun tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah, Pertama, untuk mengetahui ide syair lagu “Nyawa-Ku Diberikan Bagimu†(NKI 49) terinspirasi dari tulisan di bawah lukisan Yesus bermahkota duri di hadapan Pilatus? Kedua, untuk mengetahui pokok pikiran yang terkandung dalam syair lagu “Nyawa-Ku Diberikan Bagimu.†Metode yang digunakan dalam penelitian karya ilmiah ini adalah metode kepustakaan yang di dalamnya meliputi: Alkitab, buku-buku, kamus, dan jurnal, ditambah dengan jurnal online, ebook, artikel, yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Kesimpulan Nyanyian “Nyawa-Ku Diberikan Bagimu†NKI 49, merupakan karya Frances Redley Havergal, yang musiknya digubah oleh komposer Philip Paul Bliss. Ide penulisan syairnya terinspirasi lukisan karya Sternberg yang diberi nama  “Ecco Homo†dalam sebuah galeri seni Dusseldrof Jerman.

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36972/jvow.v4i2.89
Abstract view : 471 times | PDF view : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Voice Of Wesley by Sekolah Tinggi Teologi Wesley Methodist Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Alamat Penerbit: Jl. Bandengan Utara No. 31BA RT/RW. 07/11, Kel Pekojan Kec. Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat Kode Pos 11240.
No. Telepon : 021-22695566 ; Fax. 021-22695566