DUKUNGAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR INKLUSIF UNTUK PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP DWITUNA RAWINALA DALAM PERSPEKTIF TEOLOGI KRISTEN
Abstract
Masyarakat dan keluarga merupakan bagian tak terpisahkan dengan difabel, namun penerimaan atas keberadaannya masih diperdebatkan. Pemerintah mengatur pemenuhan hak-haknya difabel sebagai warga negara. Ketunaan memerlukan bantuan sosial untuk mengembangkan dirinya. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus atas kajian tentang ketunaan dan teologi Kristen, penulis melakukan kunjungan serta observasi dan wawancara terbuka pada informan di Sekolah Dwituna Rawinala Jakarta Timur. Sekolah Rawinala memberikan kesempatan pada masyarakat yang untuk  diasuh tanpa membedakan agama maupun status sosial. Anak dalam keluarga Kristen dimaknai sebagai Anugerah Tuhan bagaimanapun keberadaanya, keadaan fisik dan mentalnya, serta difabel ataupun normal. Hasil penelitian bahwa dwituna Rawinala sebanyak 55 orang, disekolahkan, dititip oleh keluarga untuk diasuh sesuai dengan ketunaan utamanya pada indra penglihatan, namun juga memiliki ketunaan lainnya atau majemuk (Multiple Disabilities VisualyImpairment (MDVI)). Panggilan pelayanan sekolah rawinala untuk mendidik dan mengasuh secara spesifik, profesionalitas dari pendidik, secara teologi Kristen panggilan Allah untuk mengasihi sesama tanpa membeda-bedakan. lingkungan belajar yang inklusif dapat menumbuhkan kecakapan hidup dwituna. Kecakapan dwituna berupa membaca dengan bantuan alat, komunikasi dengan bahasa isyarat, bernyanyi,bermain musik dan mandiri dalam hidup keseharian.
Full Text:
PDF benarReferences
Sinulingga, Isabella N dkk,c, Jakarta, ,BPK Gunung Mulia,2016 Nuhamara, Daniel, Pengantar PAK, Bandung, Media Informasi , 2014
Hurlock, Elizabeth B. 1980.Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta:Penerbit Erlangga
Koeswara. 1987.Psikologi Eksistensial Suatu Pengantar. Bandung: PT Eresco.
Santrok, John W. 2012.Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi ketigabelas jilid 2.Surabaya: Penerbit Erlangga.Sarafino, E.P. 1998. Health
Nia Yolisa Fitri, Martias Z., S.Pd., M.Pd, Drs. Ardisal, M.Pd, Dukungan sosial, http://scholergoggle.com,
Nia Yolisa Fitri, Martias Z., S.Pd., M.Pd, Drs. Ardisal, M.Pd, Profil Penyelenggaraan Keterampilan Kecakapan Hidup (Life Skill) Bagi Anak Tunagrahita (Studi Deskriptif Kualitatif di SLBN 2 Padang),https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu,
Lilis Asmanijar,dkk, https://jim.usk.ac.id/pendidikan-ekonomi/article/view/25849/12100,
Syarifatul-marwiyah-konsep-pendidikan-berbasis-kecakapan-hidup-libre.pdf,
Angga Saputra: http//Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan.pdf,
Mas Ian Rif’ati, Azizah Arumsari, Nurul Fajriani, Virgin S Maghfiroh, Ahmad Fathan Abidi, Achmad Chusairi, Cholichul Hadi. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/57586927/Konsep_Dukungan_Sosial-
Kumalasari, F., & Nur, L, A,. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, 1 No. 1., Juni 2012
Lee, D. S., Ybarra, O. (2017). Cultivating Effective Social Support Through Abstraction: Reframing Social Support Promotes Goal-Pursuit. Personality and Social Psychology Bulletin, Journal of SAGE Publication, (43) 4, 453-464. DOI: 10.1177/0146167216688
Mohammadi, E., Asgarizadeh, G., Bagheri, M. (2018). The Role of Perceived Social Support and Aspects of Personality in The Prediction of Marital Instability: The Mediating Role of Occupational Stress. International Journal of Psychology, 12, 1. 162-185.
Kumalasari, F., & Nur, L, A,. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, 1 No. 1., Juni 2012.
Sri Maslihah:dukungan sosial, http://scholergoggle.com,
syarifatul-marwiyah-konsep-pendidikan-berbasis-kecakapan-hidup-libre.pdf, https://id.search.yahoo.com https://www.scribd.com/document/358039574/5-syarifatul-marwiyah-konsep-pendidikan-berbasis-kecakapan-hidup-pdf
Safarino,1997, https://www.scirp.org/reference/referencespapers.aspx?referenceid=2128711
Sardiyanah, Faktor Yang Mempengaruhi Belajar,https://www.semanticscholar.org/paper
Gottlieb (1983, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/6870042/)
“Apa Itu Disabilitas? Kenali Jenis Dan Hak Penyandang Disabilitas.†n.d. Accessed November 24, 2023. https://news.detik.com/berita/d-6438992/apa-itu-disabilitas-kenali-jenis-dan-hak-penyandang-disabilitas.
Marwiyah, Syarifatul. 2012. “Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup.†Falasifa 3 (1): 1–25.
Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. “Issn 1412 – 8683 29.†Procedia - Social and Behavioral Sciences IV (2): 29–38. http://dx.doi.org/10.1016/j.intman.2016.11.002%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tele.2017.10.007%0Ahttp://ilp.ut.ac.id/index.php/JOM/article/view/432%0Ahttp://dx.doi.org/10.3926/jiem.1530%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.bushor.2017.11.007%0Ahttps://doi.org/10.10.
DOI: https://dx.doi.org/10.36972/jvow.v7i1.215 Abstract view : 109 times | PDF benar view : 52 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama
Jurnal Voice Of Wesley by Sekolah Tinggi Teologi Wesley Methodist Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Alamat Penerbit: Jl. Bandengan Utara No. 31BA RT/RW. 07/11, Kel Pekojan Kec. Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat Kode Pos 11240.
No. Telepon : 021-22695566 ; Fax. 021-22695566